Proses Penelitian

PROSES PENELITIAN

Penelitian yaitu suatu usaha yang dilakukan oleh manusia untuk memecahkan suatu masalah dari fenomena-fenomena yang ada dengan cara mengumpulkan fakta-fakta, mencatat dan menganalisa data yang diperoleh secara sistematis berdasarkan ilmu pengetahuan yang ada. Didalam melakukan penelitian seseorang harus memperhatikan proses-proses apa yang harus diperhatikan :
a) Identifikasi masalah
b) Perumusan masalah
c) Penelusuran pustaka
d) Rancangan penelitian
e) Pengumpulan data
f) Pengolahan data
g) Penyimpulan hasil

a) Identifikasi masalah
Seorang peneliti ketika melakukan penelitian tentang suatu fenomena (masalah) yang ingin dia pecahkan terlebih dahulu, penelitian tersebut dimulai dengan mengidentifikasi masalah apa sebernarnya yang ia ingin lakukan penelitian.
b) Perumusan masalah
Perumusan masalah yaitu adanya informasi masalah yang akan dijawab dengan memadukan pengetahuan menjadi suatu rumusan. Rumusan masalah identik dengan kalimat-kalimat tanya seperti apa, kenapa, mengapa, bagaimana dan lain sebagainya.
c) Penelusuran pustaka
Penelusuran pustaka. Penelitian dimulai dengan penelusuran pustaka yang berhubungan dengan subyek penelitian tersebut. Penelusuran pustaka merupakan langkah pertama untuk mengumpulkan informasi yang relevan untuk penelitian. Penelusuran pustaka dapat menghindarkan duplikasi pelaksanaan penelitian. Dengan penelusuran pustaka dapat diketahui penelitian yang pernah dilakukan dan dimana hal itu dilakukan.

d) Rancangan penelitian
Rancangan penelitian mengatur sistematika yang akan dilaksanakan dalam penelitian. Memasuki langkah ini peneliti harus memahami berbagai metode dan teknik penelitian. Metode dan teknik penelitian disusun menjadi rancangan penelitian. Mutu keluaran penelitian ditentukan oleh ketepatan rancangan penelitian.
e) Pengumpulan data

Data penelitian dikumpulkan sesuai dengan rancangan penelitian yang telah ditentukan. Data tersebut diperoleh dengan jalan pengamatan, percobaan atau pengukuran gejala yang diteliti. Data yang dikumpulkan merupakan pernyataan fakta mengenai obyek yang diteliti.

f) Pengolahan data

Data yang dikumpulkan selanjutnya diklasifikasikan dan disusun secara sistematis serta diolah secara logis menurut rancangan penelitian yang telah ditetapkan. Pengolahan data diarahkan untuk memberi argumentasi atau penjelasan mengenai tesis yang diajukan dalam penelitian, berdasarkan data atau fakta yang diperoleh. Apabila ada hipotesis, pengolahan data diarahkan untuk membenarkan atau menolak hipotesis. Dari data yang sudah terolah kadangkala dapat dibentuk hipotesis baru. Apabila ini terjadi maka siklus penelitian dapat dimulai lagi untuk membuktikan hipotesis baru.
g) Penyimpulan hasil
Setiap kesimpulan yang dibuat oleh peneliti semata-mata didasarkan pada data yang dikumpulkan dan diolah. Hasil penelitian tergantung pada kemampuan peneliti untuk menapsirkan secara logis data yang telah disusun secara sistematis menjadi ikatan pengertian sebab-akibat obyek penelitian. Setiap kesimpulan dapat diuji kembali kebenarannya dengan jalan meneliti jenis dan sifat data dan model yang digunakan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s